Logo WhatsApp

 

 

diposkan pada : 27-03-2023 16:29:08 Konsultan Jasa Penyusunan SOP Jakarta

Konsultan Jasa Penyusunan SOP Jakarta adalah jasa penyusunan standar operasional prosedur untuk membantu suatu perusahaan agar lebih lancar dalam beroperasi.

Agar SOP bisa dibuat dengan cepat, terstruktur dan dapat diaplikasikan dengan mudah, maka Anda bisa menyerahkan penyusunan SOP tersebut pada layanan jasa pembuatan SOP milik PT. Bintang Solusi Utama.

Tujuan Standari Operasional Prosedur (SOP)

SOP dibuat agar operasional perusahaan dapat berjalan dengan baik sesuai dengan standarnya.

Penyusunan SOP untuk perusahaan biasanya memiliki tujuan sebagai berikut :

  1. Sebagai salah satu bentuk upaya perusahaan dalam mencegah kesalahan dalam bekerja.
  2. Sebagai bentuk jaminan agar kualitas produk atau jasa yang dimiliki perusahaan terjaga.
  3. Sebagai salah satu upaya perusahaan untuk membuat kinerja karyawan meningkat
  4. Sebagai sarana perusahaan untuk mengatur suatu Individu dalam bekerja  
  5. Sebagai sarana perusahaan dalam mengembangkan perusahaan kedepannya
Bila disimpulkan tujuan dari penyusunan SOP adalah agar dapat menjadi alat pantau dan panduan untuk individu atau suatu divisi agar dapat menjalankan prosedur sesuai yang seharusnya.

Membuat dan Menyusun SOP terkadang bisa menjadi hal yang sulit jika Anda belum terbiasa membuatnya. Seandainya berhasil dibuat juga belum tentu mudah dibaca dan diaplikasikan pada perusahaan Anda.

Agar dapat membuat SOP yang bekerja secara efektif dalam perusahaan, Anda dapat menggunakan bantuan konsultan jasa penyusunan SOP Jakarta milik PT. Bintang Solusi Utama.

Baca Juga : Konsultan Penyusunan Standar Operational Prosedur (SOP)
 

Manfaat Standar Operasional Prosedur


SOP banyak digunakan oleh perusahaan karena memang terbukti efektif dalam menjaga kelancaran operasional.

Sebaliknya, perusahaan yang belum memiliki SOP biasanya akan cenderung mengalami berbagai masalah pada pelaksanaan operasionalnya.

Anda perlu tahu bahwa SOP ini penting sekali bagi perusahaan, berikut ini adalah manfaat SOP yang bisa Anda dapatkan bila menggunakan konsultan jasa penyusunan SOP Jakarta :
 

1. Staff Pekerja Lebih Mandiri


Dengan adanya SOP di perusahaan Anda, maka staff atau pekerja di perusahaan Anda jadi lebih mandiri dalam mengerjakan pekerjaannya.

Manajemen tidak perlu lagi mengawasi atau terlibat dengan staff yang bekerja. Sehingga pimpinan atau manajemen dapat mengurus aktifitas lainnya.
 

2. Meminimalisir Resiko Kesalahan


Adanya SOP juga bermanfaat untuk mengurangi resiko kesalahan yang bisa terjadi di perusahaan Anda.

SOP ini dapat menjadi standar yang harus mereka ikuti jika tidak ingin terjadi kesalahan atas pekerjaannya.
 

3. Sebagai Bentuk Tanggung Jawab


SOP yang sudah dibuat juga dapat menjadi bentuk tanggung jawab yang tidak boleh diabaikan. Kesalahan yang bisa muncul akan menjadi tanggung jawab pekerja yang tidak mengikuti SOP dengan baik.

Karena itulah dengan adanya SOP ini dapat menjadikan staff pekerja Anda bisa lebih bertanggung jawab atas pekerjaan yang dilakukannya nanti.
 

4. Kemudahan Dalam Memperbaiki Sistem


Tentu saja seiring berjalannya waktu akan banyak perbaikan yang harus dilakukan demi membuat perusahaan dapat berjalan lebih efisien dibandingkan sebelumnya.

Jika tidak ada SOP maka akan sulit melakukan perbaikan karena tidak ada urutan-urutan prosedur apa yang harus dilakukan suatu pekerjaan.
 

5. Pekerjaan Lebih Cepat Diselesaikan


Dengan SOP yang sudah jadi dan terdokumentasi dengan rapi dan terstruktur, maka proses pekerjaan yang dilakukan menjadi lebih cepat.

Semua itu dapat terjadi karena staff pekerja tinggal mengikuti saja panduan SOP yang sudah dibuat.
 

6. Pekerjaan Jadi Terorganisir


SOP memang sama seperti alat pandu. Dengan adanya SOP ini maka perusahaan Anda akan lebih terorganisir sesuai dengan prosesdur yang telah dibuat.
 

7. Jadi Alat Pandu


Katakan selamat tinggal pada kebingungan yang bisa dialami oleh setiap pekerja Anda. Dengan adanya SOP, maka staff pekerja bisa mengikuti panduan yang ada dan tahu harus melakukan apa nantinya.
 

8. Sarana Bantu Pencarian Sumber Masalah


Hadirnya SOP di perusahaan Anda juga dapat membantu manajemen dalam mencari sumber masalah yang terjadi bila ada kesalahan.

Manajemen dapat menelusuri SOP dan menemukan individu atau divisi mana yang seharusnya bertanggung jawab atas kesalaha tersebut.
 

9. Menghindari Pekerjaan yang Tidak Seharusnya


Manfaat SOP lainnya yang bisa Anda dapatkan juga adalah sebagai sarana pantau dan pengukuran terhadap pekerjaan yang tidak seharusnya.

Adanya SOP dapat membantu manajemen untuk menghindari pemberian pekerjaan yang sama terhadap individu atau suatu divisi.

Baca Juga : Panduan Lengkap: Cara Membuat SOP Yang Terukur Dengan 7 Langkah Sederhana
 

Konsultan Jasa Penyusunan SOP Jakarta


Peran SOP terhadap perusahaan sangat penting sekali. Selain untuk membantu kelancaran operasional perusahaan, SOP juga memiliki beberapa manfaat lain seperti yang sudah disebutkan di atas.

Jadi bagi Anda yang perusahaannya saat ini berada di Jakarta dan membutuhkan bantuan jasa penyusuan SOP, bisa menghubungi kami PT. Bintang Solusi Utama.

Meski begitu, kami tidak membatasi layanan jasa penyusunan SOP ini khusus untuk wilayah Jakarta saja. Bila perusahaan Anda berada di luar Jakarta dan memang membutuhkan SOP, juga bisa memesan layanan kami.
 

Cara Pesan Jasa Penyusunan SOP Jakarta


Jika Anda butuh bantuan jasa penyusunan SOP yang efektif untuk diterapkan pada beberapa bagian perusahaan Anda. Sebaiknya gunakan jasa PT. Bintang Solusi Utama.
 
Informasi lebih lanjut atau pemesanan jasa penyusunan SOP bisa dilakukan dengan menghubungi CS kami via Whatsapp.
 
 
 
 
Artikel lainnya »